Eksis di Google Scholar dengan Meng-update Publikasi Penelitian

Google Scholar umumnya sangat dikenal bagi akademisi (guru, dosen, dan peneliti) sebagai salah satu tolok ukur ke-“eksis”-an publikasi mereka di dunia maya. Terlebih lagi hal ini dapat menjad parameter untuk penilaian webometrics baik dosen maupun institusi yang menaungi dosen tersebut. Oleh karena itu, saya pun mencoba untuk mengupdate akun Google Scholar saya yang dibuat 2 tahun yang lalu agar publikasi yang sudah saya buat dalam 2 tahun terakhir ini dapat ter-update.

Langkah berikut ini wajib untuk dilakukan:
1. Login ke akun e-mail google TASS Telkom Universit

  1. Setelah sign in lalu klik My Citations.

  2. Apabila ada update data seperti e-mail maupun afiliasi segera diisi. Jika anda akademisi/dosen disarankan menggunakan e-mail institusi anda yang berakhiran ac.id.

  1. Disarankan untuk mengisi Afiliasi dengan nama institusi berikut dengan nama kota dan negara. Contoh : Telkom University, Bandung Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan mesin pencari untuk menelusuri data publikasi sesuai dengan afiliasi Anda.

  2. Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

Anda dapat melihat profile saya di Google Scholar pada alamat ini:

https://scholar.google.com/citations?user=IbwHWaEAAAAJ&hl=en

Hehehe… citation saya sampai saat ini masih 1. Mudah-mudahan akan lebih banyak lagi yang melakukan citation ke hasil penelitian saya. Aamiin.

Leave a Reply